Selasa, 07 Januari 2014

Proses pengerjaan sablon cutting polyflex

Seperti yang diketahui bersama, saya sekarang jual kaos satuan dengan sablon cutting polyflex. Sekilas apa itu sablon polyflex? SABLON POLYFLEX ADALAH SABLON BERKUALITAS BAIK, LEBIH RAPIH DIBANDINGKAN DENGAN SABLON KONVESIONAL. MENGGUNAKAN MESIN CUTTING UNTUK MEMOTONG BAHAN SABLON, SEHINGGA PRESISI DALAM MEMBENTUK SABLON LOGO, NAMA DAN NOMOR PUNGGUNG. MENGGUNAKAN MESIN PRESS SAAT PEMASANGAN SABLON, SEHINGGA MENEMPEL DENGAN KUAT DAN RAPIH  (sumber: google) atau saya lebih suka mengenalkan ke buyer biasanya gini "sablonan yang biasa dipake di nomor punggung jersey" Siapa sih yang nggak tau jersey? saya aja yang ngga suka nonton bola tau.

Baru-baru ini saya juga iseng bikin blog lagi yaitu jual kaos satuan untuk mempertegas kalau memang saya KHUSUS menjual kaos satuan dengan design suka-suka buyer, tapi saya juga nggak nolak kalo ada yang bikin lusinan atau lebih.

Jenis gambar yang gimana yang bisa diaplikasiin ke kaos dengan menggunakan sablon cutting polyflex? | Yang seperti ini nih contohnya :




Ya seperti itulah contoh yang sudah jadi dan sudah diterima oleh buyer.

Nah sekarang saya akan mencoba ngasih tau proses pengerjaannya (walaupun nggak ada yang request), sesuai dengan judul. Kalau cuma sampe gambar di atas berarti cuma mau jualan, pan blog ini nggak digunakan buat jualan. Tapi kalau mau pesen monggo PM ke FB Saya 

Proses pengerjaannya :
1. Ente harus nyalain komputer
2. Ente harus duduk di kursi
3. Monitor harus dinyalain

STOPPPPPPPP!! Ngelama2in, itu mah udah tau. Serius akh !
Okeh diulang, mulai dari persiapannya dulu :
1. Ente harus bisa corel draw (nggak mesti jadi master, cukup bisa gambar)
2. Nggak harus bisa photosop, tapi kalau bisa ya syukur
3. Harus ada mesin cutting dan bahan polyflex | Kayak gimana sih bentuk mesin cuttingnya? dan bahannya kaya gimana?
 Ini mesin cuttingnya

Ini bahan polyflexnya

Sumber gambar: nyomot dari google image (males foto dan kebetulan pake merk itu juga mesin cuttingnya dan polyflex juga ya begitu).
Tapi itu kan skotlet kan ded? | Udah nurut aja, itu bukan skotlet, kalo untuk stiker atau skotlet itu beda lagi bahannya, tapi ngerjainnya pake mesin cutting itu juga

4. Install programnya (sudah pasti dikasih CD installernya kalo beli mesin cuttingnya), nama softwarenya Silhouette Studio
Belajarnya gimana gan? Beli mesin cuttingnya atau lihat di youtube tutorial mengoperasikan itu program dan sekalian praktek, Insha Allah dalam seminggu juga paham.

Proses Pengerjaannya :
1. Apabila gambar/tulisan yang akan dicutting belum ada, silahkan bikin di corel draw. Kalau ada, ya silahkan aja import di corel draw kemudian pertajam gambarnya (boleh juga dioper di photosop) dan dibikin 1 warna. Ingat, proses pengerjaan cutting yang saya gunakan ini hanya bisa 1 warna, kalau 2 warna ya berarti dikerjainnya 2 kali. Misalkan KASKUS, logo/tulisan KASKUS yang kita ketahui bersama menggunakan 2 warna yaitu warna biru dan orange, maka kerjakanlah warna biru terlebih dahulu dengan mempersiapkan polyflex berwarna biru, kemudian lanjut warna orange.
2. Setelah diedit di corel draw, export gambar tersebut berbentuk PNG (bmp dan JPG juga bisa sih cuma saya sarankan PNG saja karena lebih tajam dan rapih). Beri nama dan simpan di folder yang mudah diingat.
3. Buka/Open di Silhouette Studio, trace gambar yang akan dicutting. Tanpa melalui proses trace gambar nggak akan bisa tercutting di mesin.

4. Rapihkan dan klik Sent to Silhouette.
5. Kelupas bagian yang nggak penting

6. Press dengan mesin press dengan panas kurang lebih 160 derajat celcius

Segitu saja dulu lah, enaknya sih kalau belajar ginian sambil praktek atau lihat tutorialnya di CD Installer biar lebih rinci. Di sini saya hanya mengenalkan proses pembuatan secara sederhananya dan untuk polyflex ini nggak bisa cutting gambar berbentuk foto/lukisan :p